Pengunjung

Tani Unggul. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 14 Oktober 2016

Merangsang pembungaan Pada Tanaman Buah Mangga




Agar tanaman buah mangga cepat dan rajin berbunga,kita juga harus melakukan trik kusus untuk mempercepat dengan cara pembuangan.Merangsang pembungaan sangat penting karena bisa membuat tanaman seperti semakin hidup.Merangsang pembungaan pada tanaman buah mangga bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut: 



Perundukan
Perundukan ini salah satu cara yang dapat merangsang pertumbuhan bunga dengan cepat. Sesuai dengan namanya, perundukan berarti merundukkan tanaman, sehingga pertumbuhan tanaman tersebut tidak mungkin tumbuh ke atas.

Pencincinan
Langkah-langkah pencincinan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Kita harus mempersiapkan batang yang akan dilakukan pencincinan
  • kemudian kupas batang tersebut kira-kira 5 cm dengan cara melingkar
  • Setelah itu, batang yang telah dikupas tersebut harus diberi obat, jika tidak batang tersebut akan mengalami pembusukan, dan bisa merusak tanaman sehingga dapat menyebabkan kematian.
  • Biasanya proses ini membutuhkan waktu yang tidak lama, hanya beberapa minggu saja.
Pencacahan
Cara ini juga dapat dilakukan sebagai perangsangan pembungaan. Yang disebut sebagai pencacahan yaitu, batang tanaman mangga dilakukan pembacokan, pembacokan ini harus dilakukan sesuai ketentuan, tidak asal-asalan dan sebaiknya pembacokan ini dibuat dengan pendek, kurang lebih 3 cm.
Pemberian zat pengatur tumbuh
Zat ini mampu meningkatkan asam absitat, sehingga tanaman ini dapat cepat merangsang pertumbuhan pada bunga.Dengan zat ini tanaman akan terus bertambah tinggi dan biasanya tanaman tersebut juga dapat membelah sehingga mempercepat perangsangan.
Zat pengatur tumbuhan ini jika dilakukan pada musim kemarau, akan dapat memberikan hasil yang maksimal, karena jika dilakukan pada musim penghujanan zat tersebut tidak dapat dilarutkan secara sempurna. Dan akan mengalami gagal panen.

Pencekikan
Yang dimaksud dengan pencekikan ini adalah mengikat batang dengan menggunakan ikatan, pencekikan dapat dilakukan sebagai berikut:
  • Sediakan alatnya terlebih dahulu, seperti kawat
  • Selanjutnya tekuk batang yang akan dicekik menggunakan kawat tersebut
  • dan biarkan sampai 4-5 bulan baru bisa dibuka ikatan kawatnya.
Pencekikan ini tidak akan merusak tanaman mangga, ini hanya dilakukan untuk menyatukan kedua batang saja.

Repotting
Media ini juga dapat merangsang pertumbuhan pada bunga. Repotting ini tidak sembarang dilakukan, tanaman tersebut harus memasuki usia minimal 2 tahun agar dapat dilakukan repotting ini.
Repotting ini seperti mengganti akar yang lama dengan akar yang baru, maksudnya akarnya yang lama tersebut bisa dipangkas, dan akan bnerganti dengan akar yang baru.



Sumber  : http://merawatbunga.com/merangsang-pembungaan-pada-tanaman-buah-mangga/

0 komentar:

Posting Komentar