Pengunjung

Tani Unggul. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 14 Oktober 2016

Benih Bibit Semangka Tanpa Biji




Usaha budidaya semangka, baik yang berbiji maupun yang non biji, pada dasarnya hampir sama, tetapu pelaksanaannya ada sedikit perbedaan terutama dalam proses perkawinan antara bunga jantan dan bunga betina serta dalam perlakuan pengecambahan biji.

Pada semangka nonbiji diperlukan proses pengecambahan dan penyemaian yang spesifik yang tidak dilakukan pada semangka berbiji. Sering kali dalam budidaya semangka nonbiji mengalami kegagalan  akibat dari penyemaian benih yang kurang benar sehingga menyebabkan benih yang disemai mengalami kegagalam tumbuh.
Perlakuan yang spesifik pada benih semangka nonbijidiperlukan dalam penyemaiannya karena benih semangka nonbiji memiliki kulit biji yang tebal dan keras, endosperm (cadangan makanan dalam biji) yang kecil, dan kotiledon (calon akar) sangat kecil, sehingga sangat di anjurkan kepada para petani untuk tidak menyimpan benih semangka nonbiji terlalu lama karena daya tumbuhnya cepat sekali turun.
Memperhatikan keadaan tersebut diatas dalam budidaya semangka nonbiji sangat dianjurkan untuk melakukan pengecambahan sebelum bibit disemai, sehingga akan diperoleh manfaat, diantaranya:
  • Mengurangi kematian benih.
  • Mempertinggi persentase daya tumbuh.
  • Mempercepat penyemaian benih.
  • Menyeragamkan pertumbuhan tanaman.
  • Menghemat pemakaian benih.
  • Menghindari kekurangan benih.
  • Meminimalkan serangan hama penyakit dan memudahkan perawatan.
Dalam proses perkecambahan benih semangka nonbiji cara yang dilakukan oleh petani, dan disetiap daerah memiliki cara yang berbeda. Akan tetapi, pada daarnya hanya mengacu pada persyaratan berkecambahnya benih adalah suhu antara 25-30 derjat Celcius dan tidak membutuhkan sinar matahari secara langsung.
Mengingat kulit biji semangka yang cukup tebal, perlu dibantu dengan memecahkan kulit bagian atas biji supaya calon akar semangka mudah tumbuh. Tanaman yang sejak pindah tanam sudah tumbuh sehat diharapkan mampu menghasilkan buah yang optimal.
Cara Pengecambahan Benih semangka Non biji.
Pertama-tama benih disiapkan sesuai kebutuhan dan dikeluarkan dari wadahnya. Setiap bagian ujung benih dipecah kulitnya dengan menggunakan gunting kuku dan menjepitnya pada bagian tengah gunting kuku, maksud dari perlakuan ini adalah untuk memudahkan biji menghisap air dari luar.
Dalam pelaksanaannya, kita harus hati-hati agar bagian kotiledonnya tidak ikut pecah, karena apabila bagian kotiledon pecah akan mengakibatkan pecahnya bagian pangkal batang kelak kalau sudah ditanaman di lapangan.
Setel;ah benih dipecahkan, selanjutnya benih direndam dalam larutan zat pengatur tumbuh dan fungisida selam kurang lebih 1-2 menit. Selanjutnya benih tersebut diletakkan pada 6 lembar kertas merang yang telah dibasahi dengan larutan fungisida dan zat pengatur tumbuh.
Setelah benih diletakkan dan ditata kemudian ditutup kembali dengan 6 lembar kertas merang yang telah dibasahi dengan larutan fungisida dan zat pengatur tumbuh, kemudian letakkan dan tat kembali benih yang telah direndam tadi diatasnya, tutup dengan kertas merang. Begitu seterusnya sampai berlapis-lapis, hingga benih yang akan dikecambahkan habis.
Untuk lapisan paling bawah dan paling atas diberi lapisan kardus agar kecambah atau calon akar tumbuh lurus. Bagian bawah dan atas media kita beri lapisan kaca tebal seukuran kertas merang kemudian kita press dengan cara yang tepat dan diikat dengan kuat.
Setelah itu, masukkan ke dalam kotak kardus yang agak longgar, kemudian tutup dengan rapat agar suhu udara dalam kotak tetap hangat dengan suhu antara 20-30 derjat Celcius. Kotak tersebut diplester atau dilakban plastik pada setiap sisinya, kemudian disimpan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.
Setelah diperam 40-42 jam media pengecambahan tersebut kita buka dan biasanya benih telah berkecambah dengan ukuran calon akar kurang lebih 1 cm. Kecambah-kecambah tersebut selanjutnya kita tanam pada polybag-polybag yang telah disiapkan dengan bagian calon akar kecambah menghadap kebawah.
Untuk biji-biji yang perkecambahannya belum normal, kita peram kembali selama beberapa jam, baru setelah berkecambah dengan normal kita tanam pada polybag.



Sumber  : http://www.tanamanku.net/benih-bibit-semangka-tanpa-biji.html

0 komentar:

Posting Komentar